(Dampak) kesombongan di jaring sosial

Melanjuti blog saya minggu lalu mengenai kesombongan di jaring sosial, kali ini saya ingin menulis mengenai DAMPAK dari kesombongan di jaring sosial.

Review tentang blog sebelumnya, saya menulis mengenai kesombongan orang di jaring sosial seperti facebook, friendster, etc..
Banyak orang yang memamerkan foto-foto jalan2 mereka ke luar negeri, atau memamerkan di foto mereka bahwa mereka banyak teman. Hal ini banyak di lakukan orang jaman sekarang di jaring sosial.

Banyak orang bilang, so what gitu loh, kan foto juga foto gue, temen juga temen gue,
tapi mereka tidak tahu dampaknya terhadap orang2/teman2 yang melihat foto mereka itu.
Meskipun tidak semua terkena dampaknya, tapi banyak dari kita secara sadar ataupun tidak sadar terkena dampaknya.

Apa sih dampaknya?
Kita ambil salah satu contoh, misalkan, saya melihat foto teman saya yang baru pulang dari australia, dia menampilkan foto, betapa indahnya australia, pemandangannya, jalannya yang lenggang, etc lah yang bagus2 .
Mungkin dari sisi positif nya, bisa memicu saya untuk lebih optimis lagi,
Mungkin saya bisa berpikir, wah dia bisa ke australia, kenapa saya tidak bisa, saya harus bekerja lebih giat lagi untuk pergi ke sana juga.

Tapi di sisi lain, banyak orang juga akan berpikir,
wah , enak yah dia bisa pergi ke australia, sedangkan saya buat makan aja susah.
orang tersebut akan stress, karena dia merasa rendah diri, merasa tidak mampu, merasa hidup ini tidak adil, kenapa orang lain bisa senang-senang, sedangkan dirinya susah terus.
Atau mungkin ada istri yang mengeluh ke suaminya, tuh pi (papi), dia pesta pernikahannya mewah sekali, sedangkan kita biasa-biasa aja, saya nyesel nikah ama papi,
Atau mungkin ada anak yang mengeluh ke orang tuanya, tuh ma/pa, temen saya baru pulang dari bali, kapan kita pergi ke bali? (padahal dia tidak tahu orang tuanya juga sedang kesulitan ekonomi)

Mungkin masih banyak dampak lainnya yang positif atau negatif, Kita harus bisa mengontrol pikiran kita, sewaktu melihat kesombongan di jaring sosial ini,

Sukses Selalu,
Positif thinking always

Ronny Gunawan
Kamera digital rp 99ribu
pernak pernik doraemon

Tidak ada komentar: